Kunjungan Mahasiswa LP3I Samarinda Ke TPK Palaran

User Rating:  / 1
PoorBest 
cover


Pada pertengahan bulan Maret tepatnya Jumat, 11 Maret 2016 PT Glossary Link Pelabuhan Samudera Palaran (PSP) kembali mendapatkan kunjungan. Kali ini kunjungan datang dari Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I) cabang Samarinda. Kunjungan kali ini dipimpin oleh Bapak Yadi SE, selaku dosen pembimbing dan diikuti sekitar 35 mahasiswa.

Kegiatan berlangsung selama 3 jam mulai dari pukul 14.00 WITA dan berakhir pukul 17.00 WITA. Selain mendapatkan materi di kelas, rombongan LP3I juga berkesempatan mengunjungi fasilitas operasional PSP. Kunjungan tersebut memiliki tujuan agar para mahasiswa dapat lebih memahami kegiatan kepelabuhanan.

Acara dibuka langsung oleh Bapak Reva Andria dan Tim Manajemen PSP yang sekaligus sebagai pembicara. Rombongan LP3I terlihat cukup antusias mengikuti materi di kelas Tema materi yang diberikan kali ini terkait dengan kegiatan yang ada di lingkungan PSP baik berupa kegiatan kantor maupun kegiatan operasional di pelabuhan. Bapak Reva Andria memulai sosialisasi dengan pemaparan secara visual dengan menjelaskan mengenai profil PSP serta gambaran umum tugas dan peran PSP dalam pengelolaan pelabuhan peti kemas di kota Samarinda, Kalimantan Timur.

1

Memasuki acara inti, pembicara menjelaskan kepada para peserta kunjungan mengenai proses kegiatan mulai dari pengurusan dokumen, kegiatan operasional receiving/delivery kontainer hingga proses bongkar muat kapal di PSP. Salah satu poin yang dijelaskan oleh pembicara adalah masalah kegiatan operasional yang tercatat secara real time menggunakan sistem yang bernama Electronic Terminal Operation System (ETOS) dan bisa dilihat secara online oleh para pengguna jasa. Pembicara juga menjelaskan mengenai cara melihat regulasi apa saja yang diperlukan jika kita ingin melakukan pengurusan dokumen dan informasi lainnya yang berkaitan dengan kegiatan di PSP dengan cara membuka portal /http:www.tpkpalaran.co.id/.

Lewat acara ini pula, pemateri melempar beberapa pertanyaan kepada peserta kunjungan mengenai apa yang mereka ketahui terkait kepelabuhanan, karena melalui acara-acara seperti inilah kesempatan untuk meluruskan berbagai pandangan juga pengetahuan yang kurang terkait kegiatan yang ada di pelabuhan secara umum. Memasuki sesi tanya jawab, para mahasiswa sedikit terlihat malu untuk mengajukan pertanyaan. Antusiasme mahasiswa baru terlihat ketika ada salah satu mahasiswa yang memulai mengajukan pertanyaan. Kebanyakan dari mahasiswa ini mengajukan pertanyaan terkait masalah kepelabuhanan yang masih belum mereka ketahui. Jumlah pertanyaan yang begitu banyak inilah yang menyebabkan jadwal kegiatan yang sebenarnya selesai pada pukul 16.00 WITA mundur hingga pukul 16.30 WITA. Meskipun demikian, Bapak Reva Andria beserta tim dengan senang hati tetap menjawab pertanyaan dari para mahasiswa karena hal ini menunjukkan bahwa peserta mulai menunjukkan ketertarikan mereka terhadap dunia kepelabuhanan.

2

Usai mendapatkan materi di kelas, para mahasiswa diberikan kesempatan untuk melihat secara langsung area dermaga PSP yang kebetulan pada saat itu tidak ada kegiatan bongkar muat kapal. Selesai aktivitas di dermaga, acara pun ditutup dengan sesi foto bersama serta penyerahan cinderamata dari LP3I cabang Samarinda serta dari PSP

payment

palaran banner

doc online

samuderapelindo        pemkot  logo-k3  samuderamedia

logokpsp

Innovation Challenge

Mr. Andi Kurniawan
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com